oleh

Agar tak Kehabisan Uang Jelang Akhir Ramadhan, Ini Tipsnya

LIFESTYLE.LENTERA.CO.ID — Setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan, maka akan masuk pada momen yang ditunggu-tunggu, yakni perayaan Hari Raya Idul Fitri. Hanya saja, Lebaran identik dengan pengeluaran keuangan yang banyak.

Jika tidak pandai mengatur keuangan menjelang akhir bulan Ramadan, maka keuangan bisa saja berantakan. Pasti Anda tidak ingin perayaan yang seharusnya disambut kebahagiaan berubah menjadi muram karena keuangan buruk, bukan?

Agar keinginan tetap berjalan sesuai kebutuhan, Anda perlu menerapkan tips mengelola keuangan yang baik. Berikut cara mudah mengatur keuangan agar tak kehabisan menjelang Ramadan berakhir.

1. Buatlah Rencana Pengeluaran untuk Keperluan Lebaran

Sudah sepatutnya Anda membuat rencana keuangan secara sederhana saja untuk membuat menganggarkan pengeluaran yang tepat selama bulan Ramadan untuk persiapan Lebaran. Sebaiknya pisahkan antara pengeluaran rutin dan pengeluaran khusus.

Contoh dari pengeluaran rutin bisa dilihat dari penghasilan bulanan. Sedangkan pengeluaran khusus adalah yang berhubungan dengan belanja untuk Hari Raya Idul Fitri yang bisa Anda ambil dari THR.

Nah, jika Anda tidak mendapatkan THR, ada baiknya Anda menyisihkan penghasilan bulanan untuk digunakan sebagai keperluan Lebaran.

2. Selalu Mencari Promo untuk Belanja, tapi Jangan Kebablasan

Jangan cari promo belanja

udah tidak mengherankan lagi selama bulan Ramadan, para penjual akan menggenjot pemasaran semaksimal mungkin. Mereka bahkan memberikan berbagai promo dengan aneka diskon untuk memancing pembeli.

Untuk itu, rajin-rajinlah mencari promo belanja, tapi juga harus bisa mengendalikan diri jangan sampai mudah tergiur dengan segala promo hingga membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Jadi, manfaatkan promo tersebut untuk membantu Anda berhemat. Contohnya, memanfaatkan promo cashback atau diskon kartu kredit untuk belanja bulanan.

3. Berhematlah dengan Memasak Makanan Sendiri

Memasak sendiri di rumah lebih hemat

Tidak bisa dipungkiri, terkadang kita masih tergoda untuk membeli makanan di luar rumah. Tentu hal ini wajar saja bila dilakukan hanya sesekali.

Tapi sebaiknya Anda memasak sendiri di rumah karena bisa membantu untuk berhemat hingga lebih dari 50% pengeluaran. Selain hemat, makanan yang Anda masak sendiri di rumah sudah terbukti lebih sehat.

4. Buat Tabungan Dana Darurat Khusus untuk Ramadan dan Lebaran

Menabung dan siapkan dana darurat untuk Ramadan serta Lebaran

Tips berikutnya adalah dengan mengalokasikan dana untuk ditabung sebagai dana darurat yang dikhususkan untuk keperluan Ramadan dan Lebaran. Sehingga ketika sewaktu-waktu ada kebutuhan yang mendesak, maka Anda bisa menggunakan tabungan dana darurat ini.

Selain itu, Anda juga bisa memenuhi banyak keinginan yang bisa selalu muncul menjelang Lebaran. Berbagai pengeluaran tak terduga bisa saja terjadi, namun dengan adanya tabungan pikiran Anda bisa menjadi lebih tenang.

5. Anda Harus Bisa Mudik Hemat

Jika Anda akan melakukan mudik ke kampung halaman saat lebaran, maka sebaiknya Anda mempersiapkan keperluan untuk mudik jauh-jauh hari sebelum mendekati Lebaran. Sebab, biasanya harga tiket menjelang Lebaran mengalami kenaikan.

Pilihlah harga tiket yang pas di hati sebelum lebaran untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga tiket menjelang akhir bulan Ramadan.

Rayakan Lebaran dengan Hati Senang karena Keuangan Aman
Agar Lebaran Anda semakin meriah, sebaiknya jangan mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. Bijaklah dalam mengatur keuangan dan membelanjakan uang Anda. Sehingga saat Ramadan segera berakhir dan saatnya menyambut Hari Raya Idul Fitri, maka keuangan pun aman-aman saja. Dengan keuangan yang terencana, maka akan semakin menyenangkan saat merayakan Lebaran, bukan?

Source: Republika

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *