oleh

Belanja Sembako Online Murah di 6 e-Commerce Ini

LIFESTYLE — Belanja daring atau online di berbagai marketplace memang asyik. Tinggal pilih, klik, bayar, barang langsung dikirim via jasa kurir maupun ojek online ke rumah Anda. Barang yang dijual bukan cuma pakaian, gadget, peralatan elektronik, tapi juga bahan-bahan kebutuhan pokok atau yang lebih dikenal dengan sembako.

Saat ini, belanja sembako seperti, beras, gula pasir, minyak goreng, daging, telur ayam, dan bahan pangan lain tak perlu lagi repot pergi ke pasar tradisional maupun pasar modern. Cukup akses situs e-commerce atau toko online yang menjual sembako dari laptop atau ponsel, kemudian lakukan transaksi seperti belanja online pada umumnya, selesai.

Praktis, gampang banget, dan lebih murah lagi. Sebab biasanya barang langsung dari distributor sehingga memotong mata rantai penjualan yang selama ini mengakibatkan harga mahal ketika sampai di tangan konsumen.

Apalagi sudah masuk bulan puasa, pengeluaran untuk makan acap kali membengkak, terutama karena harga sembako yang melambung di pasar setiap kali momen Ramadan tiba. Nah, belanja sembako online bisa jadi alternatif buat Anda dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Sebelum mengulas situs-situs belanja sembako murah, kita cari tahu dulu apa keuntungan dan kerugian belanja sembako online dibanding offline.

Keuntungan Belanja Sembako Online

Belanja Sembako OnlineKeuntungan Belanja Sembako Online

1. Belanja dengan santai

Belanja sembako online tak dibatasi waktu. Bebas, selama 7 hari 24 jam, Anda dapat membeli sembako kapanpun sesuka hati. Tengah malam juga bisa, karena pengiriman bisa dilakukan keesokan harinya. Beda kalau Anda pergi ke pasar tradisional yang biasanya buka dari pagi sampai siang, atau jam operasional pasar modern 9.00 pagi hingga 10 malam, sehingga kerap tergesa-gesa. Belanja jadi enggak maksimal.

2. Barang lebih lengkap dan murah

Keuntungan lain belanja sembako online, pilihan barangnya lengkap karena langsung dari distributor atau toko grosir yang menjadi mitra dari marketplace. Ini juga yang bikin harga sembako via online lebih murah ketimbang di pasaran.

3. Banyak penawaran promo

Pembelian sembako minimal Rp100.000 atau lebih bebas ongkos kirim, paket sembako murah, potongan harga atau diskon, dan lainnya. Itulah beberapa promo yang biasa ditawarkan ke konsumen. Belum lagi kalau ada momen-momen spesial seperti hari raya, pasti banyak promo gila-gilaan.

4. Hemat waktu dan biaya

Enggak perlu ke luar rumah buat beli sembako, berat, panas, capek. Via online, tinggal duduk cantik, pesan, barang diantar ke rumah. Tidak keluar ongkos bensin pula buat naik ojek ke pasar.

Kerugian belanja sembako online:

Belanja Sembako Online

Kerugian Belanja Sembako Online

1. Barang belum tentu cepat sampai

Kalau belanja di pasar, Anda bisa langsung mendapatkan barang sembako pada saat itu juga. Beda dengan online. Bisa jadi baru akan diterima pembeli 1 atau 2 hari. Jadi pastikan Anda masih punya stok sembako di rumah.

2. Tak bisa cek kondisi barang

Ini juga kelemahan lain dari belanja sembako online. Anda tidak dapat memeriksa kondisi barang atau sembako. Apakah kualitas barang masih bagus atau tidak. Sedangkan belanja sembako di pasar, bisa langsung tahu kondisi barang yang sebenarnya.

Situs Belanja Sembako Online

Belanja Sembako Online

Situs Belanja Sembako Online

1. Tokopedia

E-commerce satu ini menawarkan ragam produk sembako, buah-buahan, sayur mayur, dan kebutuhan dapur Anda dengan harga bersaing. Jika sudah punya akun Tokopedia, kunjungi situsnya, masuk ke akun, dan mulai berbelanja di kategori makanan dan minuman. Pilihan pembayaran bisa via internet banking, mobile banking, kartu kredit atau cicilan.

2. Bukalapak

Masuk situs Bukalapak, pilih kategori BukaMart atau makanan, lalu Anda bebas belanja sembako. Tersedia pula pilihan paket sembako murah. Barang yang dijual diklaim berasal dari merek resmi dengan kualitas terjamin.

3. JD.ID

Beli sembako di platform jual beli online ini bisa gratis ongkos kirim (ongkir). Ragam produk sembako dengan berbagai merek tersedia di JDMart. Barang dijamin 100% asli dan uang kembali jika barang tidak terkirim.

4. Blibli

Blibli menjual sembako dengan harga hemat. Jika sudah punya akun Blibli, Anda bisa mulai berbelanja semaunya. Di sini juga menawarkan promo-promo menarik dan ragam pilihan pembayaran.

5. Shopee

Marketplace ini menyediakan berbagai macam sembako untuk keperluan dapur Anda, seperti beras, minyak, telur, gula, mie kering, pasta, sampai bumbu masak. Untuk belanja sembako online di sini, pastikan Anda sudah punya akun Shopee. Cari kategori makanan dan minuman, dan pilih jenis bahan pokok.

6. OLX

Situs e-commerce OLX menyediakan wadah bagi para distributor, agen, sampai warung kelontong berjualan sembako lewat online. Ada yang menjual satuan, ada pula yang menawarkan paket sembako murah.

Cek Harga Sembako di Sini
Harga Sembako

Cek Harga Sembako di Sini

Jika ingin informasi terkini soal harga-harga sembako secara nasional maupun per wilayah setiap hari, Anda bisa memantau langsung dari ponsel. Akses saja situs-situs berikut ini:

1. PIHPS Nasional

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional yang menyajikan data seputar perkembangan harga pangan. Mulai dari harga beras kualitas rendah sampai super, daging ayam, daging sapi, bawang merah dan putih, cabai-cabaian, minyak goreng, gula pasir.

Harga pangan selalu di update saban hari secara nasional. Anda juga bisa membandingkan harga antar daerah, sesuai jenis pasar (pasar tradisional, pasar modern, dan pedagang besar). Biar lebih gampang, instal saja aplikasi PIHPS Nasional dari Google Play Store ataupun App Store atau akses ke https://hargapangan.id/.

2. Informasi Pangan Jakarta

Situs https://infopangan.jakarta.go.id ini juga bisa menjadi acuan Anda. Harga beras, cabai, bawang, ayam broiler, telur ayam, minyak goreng, daging, ikan, gas elpiji, susu, sampai margarin ada semua di sini. Indikator harga stabil, turun, naik dari harga hari ini dibanding kemarin pun terlihat jelas. Harga yang disajikan dalam website Infopangan tersebut hanya untuk wilayah DKI Jakarta.

Hindari Belanja Berlebihan
Meski sembako merupakan kebutuhan pokok sehari-hari dan harga belanja online lebih hemat, jangan gelap mata. Akhirnya belanja sembako berlebihan untuk stok karena khawatir harga-harga akan naik, terutama menjelang puasa dan Lebaran.

Tahukah Anda kalau borong sembako, harga justru tidak akan terkendali lantaran tingginya permintaan. Jadi belanja sembako online dengan bijak dan manfaatkan promo yang ada.

Sumber: Republika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *