oleh

Ingin Singkirkan Komedo? Pakai Cara Ampuh ini

LENTERA LIFESTYLE — Menurut ahli facial Cecilia Wong dari Cecilia Wong Skincare di New York City, komedo adalah tanda Anda perlu merawat kulit secepatnya. “Komedo (blackhead) adalah gumpalan minyak dan kotoran yang tercampur menjadi satu dalam pori-pori,” katanya.

Jika tidak merawat pori-pori, kotoran dan minyak akan menumpuk dan menjadi komedo yang membuat kulit terasa kasar, gatal, dan bergelombang. Berita buruk lainnya, pori-pori yang kotor juga bisa berarti berkurangnya elastisitas kulit di masa depan.

“Pori seperti karet gelang, semakin Anda merentangkannya, semakin sedikit elastisitasnya,” kata Wong seperti yang dikutip Self, Senin, 28 Januari 2019.

BACA JUGA Anda Tahu Seberapa Besar Bahaya Radiasi di Pesawat?

Setelah pori-pori terulur ke tingkat tertentu, pori-pori itu tidak akan menutup kembali. Dokter kosmetik yang bernama Marnie B Nussbaum menjelaskan, kulit kombinasi atau jenis kulit yang sangat berminyak paling rentan terhadap komedo di hidung karena kelenjar sebaceous menghasilkan banyak minyak di pori-pori pada kulit hidung.

Akhir-akhir ini, dengan munculnya video jerawat di internet, ada banyak tips cara mengatasi komedo yang beredar. Setelah dicoba beberapa cara seperti teknik pengelupasan dan masker gelatin, pada akhirnya, telah ditemukan metode terbaik untuk menghilangkan dan mencegah komedo yang jauh lebih sederhana.

Berikut adalah 14 tips bermanfaat untuk membantu menghilangkan komedo di hidung, dagu, dan dahi Anda.

1. Cucilah wajah setidaknya dua kali sehari

Ini sepertinya tips dasar, tetapi pembersihan dapat membantu mencegah kotoran dan minyak menumpuk di pori-pori. Bilas kulit di pagi hari untuk menghilangkan bakteri yang mungkin telah ditransfer ke kulit Anda dari sarung bantal. Anda harus membersihkan lagi di malam hari untuk menyingkirkan riasan dan kotoran yang melapisi kulit sepanjang hari.

2. Segera cuci wajah setelah berolahraga

Kelebihan keringat bisa menyebabkan komedo, jadi penting untuk menghilangkan semua kotoran, keringat, dan minyak setelah latihan untuk menghindari penyumbatan pori-pori Anda lebih banyak dan membentuk komedo tambahan.

3. Bersihkan pori-pori kotor dengan strip

Gunakan perekat untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Wong mengatakan strip pori cukup efektif untuk menghilangkan komedo dengan cepat. Namun perlu diingat, ini untuk komedo baru. “Pori strip hanya benar-benar berfungsi untuk komedo yang belum pernah ada di pori-pori untuk waktu yang lama,” ucap Wong.

4. Kenakan tabir surya bebas minyak

Hanya karena Anda memiliki kulit berminyak atau kombinasi tidak berarti Anda harus berhemat pada tabir surya. Produk SPF sangat penting untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya. Para ahli merekomendasikan untuk tetap menggunakan formulasi bebas minyak yang tidak akan memberatkan kulit atau menyumbat pori-pori Anda.

5. Eksfoliasi dua atau tiga kali sepekan

Kulit mati adalah salah satu dari banyak hal yang dapat menyumbat pori-pori. Wong merekomendasikan rutin pengelupasan kulit dengan waspada menggunakan waslap (tingkat pemula), pembersih enzim ringan (menengah), atau kulit glikol (lanjutan, seperti pengelupasan kimia). Rencanakan untuk terkelupas dua kali seminggu, tetapi beberapa dermis bahkan mengatakan Anda bisa naik hingga tiga kali seminggu jika Anda memiliki kulit berminyak yang rentan terhadap komedo. Pastikan untuk melembabkan setelah setiap sesi pengelupasan kulit.

“Anda harus melembabkan karena eksfoliasi cenderung sangat mengeringkan kulit,” jelas Wong.

6. Pengelupasan secara kimiawi

Ini cara yang baik untuk menghindari iritasi kulit dengan pengelupasan berlebih.

Asam eksfoliasi yang lembut, seperti asam glikolat atau alfa hidroksi adalah cara yang efektif untuk memecah kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori. Dokter kulit McLean Dermatology and Skincare Center di Virginia, Lily Talakoub mengatakan pada asam lain seperti asam laktat dan asam salisilat dapat memiliki sifat pengelupasan yang membantu mencegah kelebihan minyak dan kotoran dari terperangkap dalam folikel.

7. Pilih asam pengelupasan sesuai jenis kulit

Ketika datang untuk memasukkan persentase yang tepat dari asam pengelupas dalam rejimen kecantikan Anda, Talakoub merekomendasikan 10 persen untuk kulit kering, 20 persen untuk kulit berminyak, dan 30 persen untuk area yang lebih keras di punggung yang bisa mendapatkan komedo. Persentase terlalu ringan dapat membuat Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang Anda cari. Sementara persentase terlalu berat akan mengiritasi kulit Anda.

8. Cobalah alat mikrodermabrasi

Tidak punya waktu untuk datang ke klinik dokter? Beri diri Anda mini facial di rumah sebagai gantinya. Mikrodermabrasi seperti mengambil ruang hampa udara ke wajah Anda untuk menghilangkan sel kulit mati dari lapisan permukaan. Ini membantu merangsang produksi kolagen dan meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit.

9. Dapatkan ekstraksi dari seorang profesional

Meskipun mungkin untuk mengeluarkan komedo di rumah, yang terbaik adalah menemui seorang profesional setiap empat hingga enam minggu untuk menghilangkan komedo. Titik-titik kecil yang mengeras biasanya terlalu kecil untuk didapatkan hanya dengan jari-jari Anda.

10. Dinginkan segera setelah mengeluarkan komedo

Kita semua mengalami saat-saat ketika keinginan untuk mengeluarkan komedo secara paksa dan keras. Ketika itu terjadi, Nussbaum merekomendasikan lapisan es selama beberapa menit setelah pengeluaran komedo untuk membantu mengurangi kemerahan dan peradangan. Pastikan untuk tidak membiarkan es terlalu lama karena dapat menyebabkan es terbakar. Tidak hanya mengeluarkan komedo, Anda juga dapat mengobati dengan asam salisilat atau produk berbasis benzoil peroksida.

11. Hindari produk tanning kulit

“Produk self-tanning dapat membuat komedo terlihat lebih gelap dan pori-pori lebih terlihat karena komponen gula dari produk tanning kulit lebih tertarik pada keratinisasi, dan komedo adalah gumpalan kecil kulit mati dan minyak di dalam pori,” ujar Talakoub.

12. Hindari bahan yang dapat mengiritasi kulit dan menyumbat pori

Dimethicone (juga dikenal sebagai polydimethylsiloxane atau PDMS) adalah jenis silikon yang biasa ditemukan dalam lotion, primer, dan alas bedak yang digunakan untuk mengisi tekstur yang tidak rata dan garis-garis halus. Meski bahan tersebut telah disetujui oleh FDA untuk penggunaan perawatan kulit, Talakoub mengatakan penggunaan berlebihan sebenarnya telah terbukti menyumbat pori-pori dan memperburuk penampilan jerawat dan komedo. Banyak minyak, seperti minyak kelapa atau shea butter, juga bisa bersifat komedogenik (pori-pori tersumbat).

Jika kulit Anda cenderung berjerawat, hindari produk-produk berbahan dasar minyak yang akan berada di atas kulit dan menyebabkan jerawat baru terbentuk. Sebagai gantinya, pilihlah minyak pembersih yang ringan dan melembabkan sebagai bagian dari rutinitas pembersihan ganda dan pastikan Anda melakukan pengelupasan kulit secara teratur sehingga kulit dapat menyerap minyak dengan lebih baik.

13. Riasan berbahan dasar mineral juga meminimalkan ukuran pori

Tidak seperti produk rias tradisional, garis rias mineral bebas dari pewarna, dan pewangi yang dapat merusak kulit. Para ahli merekomendasikan riasan berbasis mineral untuk orang-orang dengan kulit kombinasi dan rawan jerawat karena kebanyakan formula tidak mengandung minyak dan super ringan.

14. Retinol sebagai pertolongan terakhir

Retinoid adalah pengobatan topikal terbaik untuk memerangi komedo dan penampilan pori-pori karena meningkatkan pergantian sel yang menghasilkan kulit yang lebih baru dan pori-pori yang lebih kencang. Biasanya, produk retinol akan memakan waktu empat hingga lima minggu untuk mulai bekerja dengan baik, meskipun para ahli mengatakan hasil nyata dapat dilihat setelah sekitar tiga hingga enam bulan penggunaan. Berhati-hatilah retinol memiliki kekuatan yang berbeda dan itu bisa membuat kulit sangat mengering dan menyebabkan kemerahan. Terlebih jika mengaplikasikannya di malam hari. Jangan gunakan retinol jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil.

Sumber: Republika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed