oleh

5 Kebiasaan Sepele ini Bikin Duit Cepat Habis

LENTERA.CO.ID — Menabung di awal tahun seperti saat ini mungkin menjadi sesuatu yang mustahil dilakukan. Di bulan Januari biasanya pengeluaran membesar karena habis untuk membiayai libur akhir tahun yang cukup panjang.

Tak melulu karena biaya akhir tahun. Di bulan lain, Anda pasti pernah merasa mendapatkan gaji dengan jumlah yang bagus, tapi tak mencukupi hingga akhir bulan.

BACA Instagram, Peneliti: Platform Medsos Paling Buruk untuk Kesehatan Mental

Dikutip dari Lifehack, memperhatikan kebiasaan pengeluaran dan mengingat-ingat cara menggunakan uang, akan mendorong kita untuk merevaluasi gaya pengeluaran. Cara ini juga akan menjadikan diri kita untuk membeli barang yang benar-benar kita butuhkan.

Sebaiknya, Anda mengingat-ingat selama ini menghabiskan uang untuk apa saja. Ini akan menyadarkan ANda cara membelanjakan uang. Ada kebiasaan yang dilakukan dan kebiasaan itu tanpa sadar menguras uang secara lebih mudah.

Seditidaknya, ada delapan kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuatmu lebih boros. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Membeli Barang Murah
Membeli barang ini memang akan membuat Anda berpikir lebih hemat. Tapi, kalau membeli barang murah dan tak awet, ya, sama saja.

Lebih baik membeli barang yang mahal, tapi tahan lama dari pada barang murah, tapi tak awet. Membeli barang mahal nan berkualitas akan membuatmu lebih hemat dalam jangka panjang.

2. Membeli Barang Diskonan
Kalau pergi ke supermarket dan punya tujuan untuk membeli barang, itu bagus. Namun, tak jarang kita terjebak di antara barang diskonan dan berpikir akan lebih hemat daripada beli barang yang tak dsikon.

Kalau mau hemat, lebih baik menahan diri ketika melihat barang yang didiskon dan barang itu bukan kebutuhan Anda.

3. Akses Bank Mudah
Dewasa ini, perkembangan teknologi mempermudah kita untuk mengakses sesuatu, termasuk tabungan. Kemudahan akses tabungan ini memang mempermudah Anda untuk mendapatkan uang dari rekening tabungan.

Tapi, kalau mudah terjangkau, Anda akan merasa perlu untuk mengorek sedikit kalau tak punya uang. Makanya, lebih baik Anda membuat tabungan yang tak mudah diakses. Ini akan membantu Anda berpikir dua kali untuk mengambil tabungan.

4. Tak Membuat Catatan Belanja
Ini sama saja dengan perilaku impulsive buying ketika sedang berbelanja. Ketika sedang lapar, Anda akan membeli makanan 20 persen lebih banyak daripada ketika Anda sedang kenyang.

Ketika ingin belanja, lebih baik membuat catatan barang-barang yang akan dibeli. Kalau ingin membeli barang di luar catatan, lebih baik jangan.

5. Tidak Mengecek Barang di Rumah
Dengan memeriksa rumah, Anda bisa menjual barang-barang lama yang bisa menghasilkan uang. Dengan barang yang lebih sedikit, Anda akan mengubah pola pikir bahwa banyak harta belum tentu bisa membuat bahagia.

Anda juga akan sadar bahwa pengeluaran yang tak penting, tak boleh dilakukan untuk masa depan.

Sumber: Merdeka.com/Liputan6.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *