oleh

Akhir Pekan, Bekerja Bisa Mengurangi Stres

LENTERA.CO.ID — Laura Venderkam, seorang penulis dan pembicara publik, justru mengatakan bahwa bekerja pada akhir pekan tidak akan menghilangkan keseimbangan antara hidup dan kerja. Seperti dilansir dari Beritagar yang menyebutkan penulis buku; “Genius Denied: How to Stop Wasting Our Brightest Young Minds”menyebutkan bahwa jika Anda menggunakan sebagian waktu akhir pekan untuk bekerja justru akan menurunkan tingkat stres, memacu karier dan membantu menyeimbangkan hidup dan kerja.

Vanderkam yang banyak mengulas tentang manajemen waktu dan produktivitas mengatakan kepada Business Insider,”Akhir pekan bisa menjadi alat yang berguna untuk menyeimbangkan hidup dan kerja. Ada orang yang berpikir bahwa kerja adalah kerja, rumah seharusnya menjadi rumah; dan kedua hal tersebut tidak akan bisa bertemu.”

“Namun banyak orang menyadari bahwa menyelesaikan sedikit pekerja pada akhir pekan bisa menyeimbangkan hidup dan kerja sepanjang pekan mendatang,” ujar Vanderkam.

Perempuan yang tinggal di Philadelphia, Amerika Serikat ini mencontohkan jika Anda menggunakan beberapa jam pada Sabtu pagi atau Minggu malam untuk bekerja, Anda bisa pulang lebih awal sepanjang pekan pada hari kerja. Itu artinya mungkin Anda bisa mengantar anak ke sekolah, menyiapkan makan malam untuk keluarga atau mengikuti kelas kebugaran.

“Itu artinya Anda tidak ingin bekerja pada akhir pekan karena diwajibkan untuk bekerja,” ujar Vanderkam.
Vanderkam menyarankan agar menggunakan Sabtu pagi untuk merenungkan masalah yang berat karena pada akhir pekan Anda tidak akan terganggu oleh datangnya surat elektronik atau telepon dari bos atau rekan kerja. Sementara itu Minggu malam bisa digunakan untuk memikirkan apa yang akan dikerjakan sepanjang pekan.

Menurut catatan waktu yang diteliti oleh Vanderkam, kebanyakan perempuan bekerja tidak lebih dari satu jam pada akhir pekan. Namun, ada pula perempuan yang bekerja selama beberapa jam pada akhir pekan karena dia harus meninggalkan kantor lebih awal untuk menjemput anaknya dari tempat penitipan anak. Jika dia tidak menjemput buah hatinya tepat waktu, perempuan ini justru akan mengalami stres yang parah.

“Artinya, kadang-kadang bekerja pada akhir pekan justru membuat sedikit stres daripada tidak bekerja sama sekali pada akhir pekan,” ujar Vanderkam.
Sementara itu Andrie Wongso, motivator pengembangan diri, mengatakan bahwa seringkali inspirasi, kreativitas, dan inovasi muncul di akhir pekan. Tapi, bukan berarti Anda langsung melakukan pekerjaan di akhir pekan.

Andrie menyarankan agar Anda cukup menuliskan ide-ide Anda dalam sebuah memo dan baru dikerjakan pada waktu bekerja Anda yang sesungguhnya. Akhir pekan harusnya menjadi waktu bagi Anda untuk menyegarkan kembali pikiran.

Meskipun demikian, nasihat dari Louis Efron, penulis buku “How to Find a Job, Career and Life You Love”, perlu juga didengarkan. Efron mengatakan sukses didapat dengan menciptakan kehidupan yang seimbang.

Bagi Efron, cinta pada pekerjaan itu penting, tetapi menyeimbangkannya dengan pola hidup jauh lebih penting. Bagi Efron, tiga hal dasar yang perlu diperhatikan adalah efektivitas manajemen waktu, kesehatan tubuh, serta waktu berkualitas dengan keluarga, teman dan orang terkasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *